Contoh Kodingan Sederhana dengan Switch Case: Input, Kondisi, dan Perulangan
#include <stdio.h>
int main() {
int menu, bilanganBulat, x, n;
printf("Masukan kode menu 1-3: \n");
printf("1. Mencetak bilangan bulat\n");
printf("2. Menentukan bilangan positif, negatif, atau nol\n");
printf("3. Mencetak deret bilangan dari 1 hingga n\n");
printf("===================================\n");
scanf("%d", &menu);
switch (menu) {
case 1:
printf("Masukkan bilangan bulat: ");
scanf("%d", &bilanganBulat);
printf("Anda telah memasukkan bilangan bulat: %d\n", bilanganBulat);
break;
case 2:
printf("Masukkan bilangan: ");
scanf("%d", &x);
if (x > 0) {
printf("%d adalah bilangan positif\n", x);
} else if (x < 0) {
printf("%d adalah bilangan negatif\n", x);
} else {
printf("%d adalah nol\n", x);
}
break;
case 3:
printf("Masukkan nilai n: ");
scanf("%d", &n);
printf("Deret bilangan dari 1 hingga %d:\n", n);
for (int i = 1; i <= n; i++) {
printf("%d ", i);
}
printf("\n");
break;
default:
printf("Kode menu yang Anda masukkan salah\n");
break;
}
return 0;
}
Penjelasan program:
stdio.h
), yang diperlukan untuk menggunakan fungsi seperti printf
dan scanf
.main
, yang merupakan titik masuk program. Setiap program C harus memiliki fungsi main
-
int menu, bilanganBulat, x, n; : menu
: untuk menyimpan pilihan menu yang dimasukkan oleh pengguna. bilanganBulat
: untuk menyimpan bilangan bulat yang dimasukkan oleh pengguna. x
: untuk menyimpan bilangan yang akan diperiksa apakah positif, negatif, atau nol. n
: untuk menyimpan batas atas deret bilangan yang akan dicetak.printf("1. Mencetak bilangan bulat\n");
printf("2. Menentukan bilangan positif, negatif, atau nol\n");
printf("3. Mencetak deret bilangan dari 1 hingga n\n");
printf("===================================\n"); :mencetak menu pilihan ke layar, memberi tahu pengguna tentang opsi yang tersedia.
- scanf("%d", &menu); : untuk membaca input dari pengguna dan menyimpannya dalam variabel menu
. %d
menunjukkan bahwa input yang diharapkan adalah bilangan bulat.
- switch (menu) { : struktur kontrol switch, yang akan mengevaluasi nilai menu dan menjalankan blok kode yang sesuai dengan nilai tersebut.
- case 1: Jika menu adalah 1, maka blok kode berikutnya akan dieksekusi.
- break; : digunakan untuk keluar dari switch setelah mengeksekusi blok kode untuk case 1
.
- default:
printf("Kode menu yang Anda masukkan salah\n");
break;
Jika nilai menu tidak cocok dengan 1, 2, atau 3, maka blok default ini akan dieksekusi
- Menu: Program menampilkan tiga pilihan menu kepada pengguna.
- Kasus 1: meminta pengguna untuk memasukkan bilangan bulat dan menyimpannya dalam variabel
bilanganBulat
. - Kasus 2: Meminta pengguna untuk memasukkan bilangan dan menentukan apakah bilangan tersebut positif, negatif, atau nol.
- Kasus 3: Meminta pengguna untuk memasukkan nilai
n
dan mencetak deret bilangan dari 1 hinggan
. - Default: Menangani kasus di mana pengguna memasukkan kode menu yang tidak valid.
Comments
Post a Comment